Organ Eksresi

Minggu, 08 April 2012


 Selain ginjal, organ eksresi pada manusia terdiri dari kulit, paru-paru, dan hati. Berikut penjelasaannya :

A.   Kulit
Kulit merupakan organ terbesar yang terdapat diseluruh permukaan tubuh dan terdiri dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi spesifik. Kulit berfungsi sebagai alat pelindung tubuh terhadap segala bentuk rangsangan. Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai alat eksresi, yaitu untuk mengeluarkan keringat.

Kulit hanya beberapa milimeter tebalnya, tersusun dari dua lapisan jaringan, yaitu kulit ari (epidermis) dan kulit jangat (dermis). Epidermis merupakan lapisan permukaan kulit. Epidermis tersusun dari berlapis-lapis sel. Sel-sel terluar adalah sel-sel mati. Beribu-ribu sel ini lepas setiap waktu. Sebagai penggantinya, sel-sel baru dihasilkan pada dasar epidermis. Dermis adalah lapisan jaringan di bawah epidermis. Lapisan ini lebih tebal daripada epidermis dan berisi pembuluh darah, saraf, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Sebagai bagian dari sistem pengeluaran, kulit mempunyai kelenjar keringat. Kelenjar keringat adalah kelenjar yang terdapat di lapisan dermis yang berfungsi untuk mengeluarkan air dan garam (natrium klorida). Kurang lebih ada tiga juta kelenjar keringat dalam dermis. Kelenjar keringat membantu mengeluarkan sisa urea.
Adanya kelenjar keringat juga merupakan bagian dari cara untuk mempertahankan panas tubuh agar suhunya tetap. Ketika tubuh menjadi panas, pembuluh darah melebar. Pori-pori kulit terbuka dan mengeluarkan keringat. Cairan keringat keluar dari kulit. Selama keringat menguap tubuh terasa dingin, karena panas tubuh dipinjam untuk menguapkan keringat.
B.    Paru-paru

Selain sebagai organ respirasi, paru-paru juga berfungsi sebagai organ eksresi. Mengapa? Karena sisa-sisa hasil metabolisme berupa karbon dioksida  dan air dalam bentuk uap air yang dikeluarkan oleh paru-paru. Sisa metabolisme dari jaringan diangkut oleh darah menuju ke paru-paru untuk di buang. Proses pembuangan diawali dengan berdifusinya karbondioksida dari sel-sel ke dalam darah, melalui cairan jaringan dan akhirnya masuk ke alveolus. Dari alveolus, karbondioksida akan dikeluarkan melalui udara yanh dihembuskan pada saat ekspirasi.
C.    Hati
Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh yang terletak dibagian kanan atas rongga perut. Hati selain berperan dalam sistem pencernaan, juga berperan dalam sistem eksresi. Fungsi hati dalam sistem eksresi adalah mengahsilkan empedu terus-menerus yang ditampung di dalam kantung empedu. Hati setiap hari menghasilkan empedu sebanyak 800-1000 ml. empedu mengandung air, asam empedu, garam empedu, kolesterol, fosfolipid (lesitin), zat warna (pigemen) empedu (billirubin dan biliverdin), dan beberapa ion.

Empedu berasal dari penghancuran hemoglobin eritrosit yang telah tua. Hemoglobin dalam eritrosit akan diuraikan menjadi hemin (kristal), zat besi, dan globin. Zat besi dan globin akan disimpan di dalam hati, kemudian dikirim ke sumsum tulang merah untuk pembentukan antobodi atau hemoglobin baru. Sedangkan hemin akan dirombak menjadi billirubin dan biliverdin yang merupakan zat warna bagi empedu dan mengandung warna hijau biru. Zat warna tersebut di dalam usus akan mengalami oksidasi menjadi urobilin sehingga warna feses dan urin menjadi kekuningan. Empedu berfungsi untuk mencerna lemak, mengaktifkan lipase, berperan dalam absorbsi lemak di usus halus, mengubah zat yang tidak larut dalam air menjadi zat yang larut dalam air, dan pembetukan urea.
Jika sel tubuh kelebihan asam amino, asam amino tersebut akan mengalami deaminasi. Deaminasi merupakan pemindahan gugus amin (-NH) dari asam amino. Deaminasi merupakan terkumpulnya amonia yang bersifat racun. Hati dengan bantuan arginase akan mengubah arginin (salah satu asam amino esensial) menjadi ornitin dan urea. Urea akan dibuang melalui ginjal, sedangkan ornitin akan mengikat amonia yang bersifat racun dan akan dikeluarkan ke dalam empedu dan urin. 

1 komentar:

zachareepadgett mengatakan...

Sweet Habanero, Mango, and G-Chili Salsa - Titanium Art
Fully Loaded with our hottest hot sauces, Mango and properties of titanium G-Chili งานออนไลน์ Salsa, along with our signature salsa, sweet mangoes and a titanium bar hit of bbq sauce!$4.99 · ‎In titanium dioxide sunscreen stock titanium pot

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.