Biologi

Kamis, 05 April 2012


BIOLOGY IS LIFE

B
iologi, Ilmu tentang kehidupan, sudah berakar dari dalam diri manusia. Orang memelihara hewan, membudidayakan tanaman hias, mengundang burung-burung dengan menyediakan halaman belakang rumah berwisata mengunjungi kebun binatang, cagar alam, mendaki gunung, berenang menyelam, dan masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan hidup kita semuanya sebenarnya adalah biologi. Jadi dapat dikatakan biologi itu menyangkut semua aspek kehidupan.
      Sebenarnya ini bermula dari kata biologi itu sendiri. Kata Biologi berasal dari bahasa Latin. "Bios" = hidup atau makhluk hidup dan "Nomos" = ilmu. Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam, selain Fisika, dan Kimia. Makhluk hidup dalam menjalankan kehidupannya tentulah tidak akan bisa melepaskan diri dari alam atau lingkungan. Alam jagad raya atau lingkungan ini tidak pernah tetap, selalu berubah, maka bila makhluk hidup tersebut ingin lestari maka mereka harus pula berubah, menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah tersebut.
     Biologi adalah ilmu yang dipertuntunkan bagi orang-orang dengan pemikiran yang selalu bertualang. Biologi membantu kita sendiri maupun melalui orang lain, memasuki hutan, gurun, lautan dan lingkungan  yang lain, dimana berbagai bentuk kehidupan beserta lingkungan fisiknya berpadu membentuk jaringan kompleks, yang istilah kerennya dalam biologi adalah ekosistem.

Jadi kenapa kita harus belajar Biologi ??
        Cukup sederhana saja menjawabnya jika ada pertanyaan seperti ini. Karena kita ingin mengetahui banyak tentang diri kita, bagaimana kehidupan kita  dan bagaimana sebenarnya  lingkungan kita yang sadar atau tidak sadar akan berpengaruh besar pada diri kita. Jadi dengan dalam hal ini jika kita mempelajari kehidupan khususnya menyangkut biologi kita akan terdorong untuk melakukan berbagai pengamatan  bentuk-bentuk kehidupan.  Biologi juga mengajak kita memasuki dunia mikroskopis  yang ukurannya sangat-sangat kecil sebagai molekul yang menyusun tubuh kita.
     Faktanya ruang lingkup biologi sangatlah luas menyangkut berbagai aspek di kehidupan kita, bahkan perjalanan intelektual kita juga mengajak kita bermemori sedikit ke masa lalu, karena biologi tidak hanya membahas lingkungan masa kini tapi juga mengungkit lingkungan di masa bermilyar-milyar tahun yag lalu…
So…. “BIOLOGI IS LIFE” . . . ^^

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.